• Be Yourself Be the best for you

    Sekolah Gratis 12 Tahun Ditunda


    IlustrasiJAKARTA - Pemberian Bantuan Operasional Sekolah untuk Sekolah Menengah (BOS SM) ditunda karena masih ada sejumlah revisi yang harus dilakukan pemerintah pusat. 
     
    Dirjen Pendidikan Menengah (Dikmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad menyatakan, penundaan ini disebabkan karena Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) yang belum kunjung selesai.
     
    Anggaran untuk program tersebut awalnya dimasukkan dalam akun belanja barang namun harus dikembalikan ke akun belanja sosial. Sedianya, BOS SM ini akan dilaksanakan Kemendikbud pada awal Februari 2012. Hamid sendiri belum dapat menegaskan kapan penundaan ini akan dibuka kembali. Namun dirinya menegaskan, proses pencairan dana BOS ke sekolah menengah ini akan dipercepat.
     
    “Memang agak telat sedikit. Saya perkirakan satu dua minggu lagi akan selesai revisinya,” katanya di gedung Kemendikbud, Minggu (4/3/2012).
     
    Kemendikbud menetapkan Unit cost untuk rintisan BOS sekolah menengah itu sebesar Rp120.000 per siswa per tahun. Jumlah siswa yang akan menerima rintisan BOS itu sekitar 8 juta siswa sekolah menengah. Adapun mekanisme penyaluran dana tersebut nantinya akan ditransfer secara langsung oleh pemerintah pusat ke masing-masing sekolah. Sedangkan dana BOS akan ditransfer per semester atau enam bulan sekali.
     
    Sementara itu, Mendikbud Mohammad Nuh menambahkan, dibutuhkan tambahan anggaran sekitar Rp20 sampai Rp23 triliun untuk melaksanakan wajib belajar 12 tahun atau pendidikan universal ini. Mendikbud menyatakan, sekitar Rp15 triliun di antaranya digunakan sebagai bantuan operasional dan sisanya lagi untuk menambah guru dan ruang kelas.
     
    Mantan menkominfo ini menerangkan, program wajib belajar terus dilakukan, baik di tingkat dasar maupun menengah karena merupakan investasi jangka panjang. "Meskipun konstitusi dan undang-undang belum mengamanatkan adanya wajar 12 tahun, pemerintah telah mengambil inisiatif menguniversalkan pendidikan menengah,” katanya.
     
    M Nuh menegaskan, pendidikan universal ini memang akan difasilitasi oleh pemerintah untuk menampung semua penduduk usia sekolah. Namun pembiayaanya akan ditanggng bersama oleh pemerintah pusat, daerah dan juga inisiatif dari masyarakat. Namun, berbeda dengan wajib belajar sembilan tahun, sanksi bagi daerah atau sekolah yang belum mengikuti kebijakan ini dibuat relatif longgar.

    0 komentar:


     

    Blogger news

    Welcome to blog me

    Entri Populer

    Subscribe My Post

    HendrArmada

    ↑ Grab this Headline Animator

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

    About